Wisata Kuliner Gudeg Yu Djum Jogja

Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum yang Legendaris

Gudeg Yu Djum, Masterpiece Gudeg Jogja

Ke Jogja nggak makan Gudeg? Kalau kamu jauh-jauh wisata ke Yogyakarta trus ngga makan gudeg itu rasanya kayak bawa motor tapi ngga dinyalain. Bayangkan, Sebagai makanan khas Jogja, Makan Gudeg sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan pelancong-pelancong yang sedang traveling ke Jogja. Salah satu warung atau tempat makan gudeg yang sudah terkenal dan teruji citarasa-nya dari waktu ke waktu adalah Gudeg Yu Djum. Banyak warung gudeg di Jogja, tapi Gudeg Yu Djum adalah salah satu tujuan utama kuliner gudeg dari orang-orang yang lapar itu.

Alm Yu Djum, atau Yu Djuwariyah jaman dahulu kala berjualan Gudeg di selatan Plengkung Wijilan, Di tengah kota Yogyakarta. Tahun 1985 beliau membuka gerai pertamanya. Beliau tinggal di Karangasem, Mbarek, Caturtunggal. Mungkin saat beliau buka warung, kalian para generasi milenial banyak yang belum lahir. Singkat kata warung itu kini bertambah cabang, Ada yang di Jl. Adisutjipto, Jl Wates, Jl Wonosari, dan Pusatnya di Jl. Kaliurang. Walaupun beliau telah tiada, tapi beliau meninggalkan masterpiece berupa resep, tata kelola dan image Gudeg Yu Djum yang tersohor sampai pelosok nusantara, Kini gerai-gerai Yu Djum dikelola oleh para penerusnya.

Gudeg Yu Djum
Nasi Gudeg Ayam Paha Bawah Telur Krecek
Menu yang ditawarkan adalah sebagai berikut biar kamu makin bingung mau makan yang mana,

Gudeg Yu Djum Piring
Menu ini cocok untuk kamu, cewek-cewek dengan daya tampung normal
1. Nasi Gudeg Telur dengan pilihan lauk : Paha Atas, Brutu, Dada, Kepala, Rampela Ati,  Paha Bawah, Sayap, Ayam Suwir, Tahu Tempe,  Tempe, Tahu.
2. Nasi Gudeg Ayam dengan pilihan lauk : Paha Atas, Brutu, Paha Atas Kecil, Paha Bawah Ceker, Dada, Kepala, Sayap, Ayam Suwir,
3. Nasi Gudeg Krecek dengan pilihan lauk : Rampela Ati, Telur, Tahu Tempe, Tahu, Tempe

Gudeg Yu Djum Besek
Menu ini cocok untuk kamu, cowok-cowok yang punya daya tampung besar
1. Gudeg + Krecek, Paha Bawah Ayam 1, Telur 3
2. Gudeg + Krecek, Dada / Paha Atas Ayam 1, Telur 5
3. Gudeg + Krecek, Dada / Paha Atas Ayam /Sayap Ayam / Rampela Ati 1, Kepala 1, Telur 4
4. Gudeg Telur 2
5. Gudeg Telur 5
6. Gudeg Telur 10
7. Gudeg + Krecek, Ayam ½ ekor
8. Gudeg + Krecek, Ayam 1 ekor

Gudeg Yu Djum Kendil
Menu ini cocok untuk yang sudah berkeluarga.
1. Gudeg + Krecek, Dada Ayam 1, Paha Atas Kecil 1, Paha Bawah Ayam 1, Sayap Ayam 1, Kepala / Ati Ampela 1, Telur 5
2. Gudeg + Krecek, Dada Ayam 1, Paha Atas Kecil 1, Sayap Ayam / Ati Ampela 1, Paha Bawah / Kepala Ayam 1, Telur 10
3. Gudeg +Krecek, Ayam ½ ekor, Telur 10,
4. Gudeg +Krecek Ayam 1 ekor, Telur 5
5. Gudeg + Krecek, Ayam 1 ekor, Telur 10

Ada juga menu yang paling mutakhir yaitu Gudeg Kaleng. Sebuah fakta bahwa Gudeg Yu Djum telah mengikuti perkembangan jaman. Jadi kalo kamu pas lagi kenyang banget atau pengen makannya ntar-ntar aja, kamu bisa beli gudeg kaleng ini, atau semisal kamu di lingkunganmu punya pengikut  yang selalu menagih oleh-oleh saat kamu pulang dari traveling, Nah, Kamu bisa kasih mereka Gudeg Kaleng sebagai kompensasi yang mujarab. Cuman gini, Jangan kaget kalo merknya bukan Gudeg Yu Djum, karena mereka mungkin bikin merk / brand baru bernama Bagong, jadinya Gudeg Bagong. Di mana-mana kamu cari ga bakalan ketemu Gudeg Yu Djum Kaleng, adanya Gudeg Bagong. Untuk rasanya, jangan khawatir, masih mendekati original ketika kamu makan disana. Gudeg Kaleng tahan lama, bahkan mampu bertahan hingga berbulan-bulan. Gosah mikir bahan pengawet bla..bla...bla. Bahan pengawet tiap hari masuk ke tubuhmu melalui berbagai macam makanan dan minuman, termasuk susu. Jadi biasa aja kalo urusan pengawet. Yang penting kamu tetap harus makan sehat, olahraga, bergembira, bahagia, piknik dan MAKAN GUDEG.

Gudeg Yu Djum Kaleng
Gudeng Kaleng Merk Bagong


Ada lagi satu menu favorit mahasiswa, yaitu "Gudeg Suwir Tok", bagi yang lama tinggal di Jogja pasti mengerti menu ini, terutama mahasiswa cowok dan para driver wisata. Menu ini sangat minimalis tapi cukup mengenyangkan dan harganya relatif murah. Ngga usah dicoba! Tidak patut dan sedikit bikin awkward untuk traveler sekelas dirimu. Masa sih jauh-jauh ke Jogja cuma makan gudeg suwir tok? Gak level! Maka dari itu, Pilihlah menu yang diatas aja, Biar puas makan gudegnya, dan Jangan lupa, Nambah.

Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum Pusat Mbarek

Jauh Nggak sih gudeg Yu Djum dari kota? Lokasi Gudeg Yu Djum Pusat ada di Kampung Karangasem – Mbarek, Jalan Kaliurang KM 4,5 CT III/22, Kecamatan Depok Kab Sleman. Sangat mudah dijangkau baik menggunakan transportasi pribadi maupun umum. Tunggu apa lagi, Saat yang tepat menikmati citarasa Gudeg Yu Djum adalah pagi hari sarapan atau siang hari makan siang.

semua gambar dari : http://gudegyudjumpusat.com
  • Jenis Lokasi : Warung Nasi Gudeg
  • Wahana :  Makanan Khas Yogya
  • Menu Makanan : Gudeg, Gudeg Kendil, Gudeg Besek, Gudeg Kaleng
  • Menu Minuman : Standar
  • Penginapan Terdekat : Buanyak
  • Fasilitas : Toilet, Parkir luas, Debit Payment
  • Jam Buka : 05.00 - 19.00
  • Tarif Masuk : Free,  
  • Parkir Rp 2.000-5.000
  • Jarak tempuh : +/-  20 menit
Untuk menikmati kuliner Jogja Gudeg Yu Djum dengan santai, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi umum atau pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas nyetir karena males cari tempat parkir, Kamu bisa cari rentalan atau Sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata kuliner Yogyakarta ini akan membuatmu kenyang dan bijaksana.
Peta Lokasi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar