Pantai Parangkusumo Jogja

Pantai Parangkusumo Jogja

Pantai Parangkusumo Jogja
Pantai Parangkusumo. Foto Ig @canro.simarmata

 Menikmati suasana mistis di Parangkusumo


Dari banyaknya pantai yang berjajar di Laut selatan, ada satu pantai yang cukup creepy dan kental dengan suasana mistis. Parangkusumo namanya. Pantai ini berada di sebelah Pantai Parangtritis. Entah kenapa suasana tersebut membalut wilayah Parangkusumo. Mungkin, karena disana dahulunya merupakan tempat bersejarah bertemunya penguasa daratan dan penguasa lautan. 

Dalam sejarahnya Parangkusumo merupakan tempat bersemedi, upacara dan ritual, bahkan hingga saat ini kegiatan upacara keagamaan, ziarah dan ritual masih tetap ada. Upacara yang masih ada hingga saat ini misalnya Upacara Melasti. Melasti adalah sebuah upacara keagamaan yang dilakukan umat Hindu menjelang hari raya Nyepi. Ritual ini bertujuan untuk membersihkan diri dari segala keburukan, agar umat Hindu bisa menyambut tahun baru Saka dengan jiwa yang baru.
 
Pantai Parangkusumo Jogja
Labuhan di Pantai Parangkusumo. Foto : Jogjapolitan (harian jogja)

Sedangkan kegiatan ziarah masih sering dilakukan oleh masyarakat pada bulan Suro. Pada tiap malam jumat kliwon dengan mengunjungi Cepuri yang dianggap sebagai simbol pintu gerbang menuju Keraton Laut selatan. Ritual Labuhan juga masih sering dilakukan oleh perangkat/abdi dalem Keraton Yogyakarta pada waktu bulan Ruwah (Bulan sebelum bulan puasa dalam penanggalan lunar jawa) dengan tujuan sebagai ungkapan rasa syukur.

Ada apa saja dan bisa ngapain aja di Pantai Parangkusumo?

Buat kamu yang sedang hangat-hangatnya membina hubungan, Parangkusumo bisa jadi alternatif kunjungan yang lumayan bagus. Tentu bukan untuk berbuat mesum, melainkan karena Pantai Parangkusumo relatif tidak seramai pantai-pantai lainnya. Maksud kami, berkunjung ke Parangkusumo bukan buat pacaran semata, namun di Parangkusumo bisa dijadikan lokasi yang tepat  untuk pre-wedding. Di Parangkusumo ada gumuk pasir yang kerap dijadikan background foto pre-wedding. 

Pantai Parangkusumo Jogja
Parangkusumo, Destinasi keren untuk Prewedding. Foto Ig @nizaramrullah
 
Gumuk pasir adalah bentuk kontur pasir yang terjadi secara random karena hembusan angin laut. Fenomena Gumuk pasir sangat langka didunia ini. Gumuk pasir hanya ada di Afrika, Amerika Tengah dan di Parangkusumo! Nggak rugi kamu kesini. Disini kamu juga bermain Sandboarding (seluncur diatas pasir), Keren kan? Nggak usah jauh-jauh ke Korea untuk bermain seluncuran, Di Parangkusumo juga bisa. 

Kalo buat anak-anak apa fasilitasnya Pantai Parangkusumo?

Jangan khawatir, di pantai Parangkusumo, Kamu dapat menyewa ATV atau menaiki kuda mengelilingi kawasan pantai. Lalu bisa bermain ayunan di Gumuk pasir. Dengan demikian, anak-anak kecil bisa ikut menikmati wisata di Parangkusumo. Disini juga banyak spot selfie yang keren. Nah, yang paling baru adalah Gardu (Garbage Care and Education) sebuah tempat percontohan pengelolaan sampah. Meskipun ini urusan sampah, jangan khawatir, disitu tidak bau kaya tempat sampah. Kamu dapat belajar tata kelola sampah, supaya ngerti pentingnya tidak membuang sampah sembarangan. Kamu bisa ikut menyelamatkan dunia.

Pantai Parangkusumo Jogja
Seorang bocah bermain sandboarding di Parangkusumo. Foto Ig @nina_kurnia_manfaati
 
Di pinggiran pantai Parangkusumo, terdapat beberapa warung-warung yang menjajakan kuliner makanan dan minuman. Tentu, kami menyarankan agar kamu menikmati air kelapa muda segar setelah berlarian tak jelas kesana-kemari, agar dapat mengembalikan staminamu, menghilangkan rasa hausmu.dan tentunya agar kamu kuat menghadapi kenyataan.

Apakah bisa berenang di Pantai Parangkusumo?

Tentu, tidak disarankan berenang di Pantai Parangkusumo dan berbagai pantai lainnya di Yogyakarta. Karena struktur pantai selatan yang membahayakan pengunjung, Pemerintah telah melarang wisatawan untuk berenang. Tapi nggak perlu berenang pun kamu akan dapat menemukan pengganti kekecewaanmu, yaitu Sunset di sore hari. Tunggulah hingga matahari terbenam, kamu akan takjub melihat indahnya sunset di Parangkusumo.
 
Pantai Parangkusumo Jogja
Sunset di Parangkusumo. Foto Ig @danang14

Untuk mencapai Pantai Parangkusumo yang berpasir hitam dan beraroma mistis sangat kuat, kamu bisa menggunakan berbagai macam alat transportasi. Kamu bisa bersepeda, menggunakan vespa penuh sampah kemasan plastik, naik motor bareng temen-temen, atau menggunakan mobil pribadi punya ayahmu. Tapi, jikalau kamu malas naik motor karena sering bertemu emak-emak bawa matic keluar  dari gang trus "mak kluwer", Mendingan kamu cari Sewa Mobil+driver yang mau mengantarmu dan menungguimu. Tour wisata ke Parangkusumo tidak akan membuatmu sedih jika foto pre-wedding yang kamu bikin, hasilnya maksimal.

Pantai Parangkusumo Jogja
Spot baru di Parangkusumo. Foto Ig @dwiriyantoo

Informasi pendukung di Pantai Parangkusumo Jogja

Jenis Lokasi Pantai
Wahana ATV, Berkuda, Ayunan, Sandboarding, Sunset
Fasilitas Toilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
Penginapan Homestay, Hotel
Tarif Masuk 10-25K
Tarif Sewa ATV 25-50K
Area Parkir Luas
Tarif Parkir 2-5K Motor, 5-10K/mobil.
Jam buka Hampir 24 Jam
Jarak Tempuh +/- 1 jam
Buat Balita Fair
 
Peta Lokasi :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar