Watu Goyang Mangunan Jogja


watugoyang
Pemandangan Alam dari Watu Goyang. Foto Ig : @luludamaraa

Watu Goyang Mangunan

Batu yang bisa bergoyang di Mangunan Jogja



Satu dari sejumlah destinasi wisata pesona alam di kawasan Dlingo, Bantul. Jika Anda pernah ke Kebun Buah Mangunan atau Hutan Pinus Mangunan, Watu Goyang wajib pula dikunjungi karena lokasinya tidak jauh dari kedua tempat wisata tersebut. Udara segar terasa begitu kita menginjakan kaki disana, hawa panas hampir tidak terasa, angin yang bertiup membikin fresh tubuh kita. Pada pagi atau sore hari terkadang kabut turun menyelimuti hamparan pepohonan hijau, membuat hati makin takjub dengan keindahan alam ciptaan yang kuasa.

Siapkan segera kameramu untuk menyambut momen kabut yang datang. Biasanya kabut datang hanya di pagi dan sore hari. Itupun pada waktu-waktu tertentu. Tidak setiap hari kabut turun. Perbukitan disini terkadang terlihat gersang apa bila musim kemarau, namun akan terlihat indah menghijau saat musim penghujan. Begitulah Gunungkidul, mempunyai dua sisi yang sangat menarik.

Spot wisata ini dapat dicapai setelah berjalan sekitar 10 menit dari parkiran. Di Puncaknya, dua batu besar bertumpuk yang bisa bergoyang jika didorong. Dari sinilah nama Watu Goyang diambil, yang dalam bahasa Jawa berarti “batu yang bergoyang”. Bebatuan itu sudah berumur ratusan tahun, meskipun bergoyang, dia tidak akan menggelinding jatuh.

Watu goyang
Gardu Pandang Helikopter di Watu Goyang Mangunan. Foto Ig : @naning_kenna
Bangunan Makam Raja-raja Imogiri dapat dilihat dari sini. Karena menghadap ke barat, sore hari waktu terbaik datang ke Watu Goyang. Pengelola menyediakan beberapa gardu pandang dan gazebo untuk bersantai sembari melihat hijaunya perbukitan Bantul. Gardu pandang berbentuk helikopter merupakan spot yang paling favorit di sini meskipun ada beberapa lainnya yang tak kalah bagusnya.

Tempat wisata seperti perbukitan seperti watu goyang ini biasanya ada spot-spot selfie yang akan diperbarui setiap beberapa waktu. Mungkin ketika tulisan ini di release, wahana selfie yang ada sudah bertambah atau berubah. Jadi selalu update gaes mengenai kabar wisata ya, biar nggak ketinggalan.

Watu Goyang
Watu Goyang Mangunan. Foto Ig : @yunishamanta
Watu Goyang terletak di Dusun Cempluk, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Anda dapat mengaksesnya menggunakan transportasi pribadi atau jasa wisata. Tapi kamu harus siapkan fisikmu karena ini adalah wisata trekking, kamu harus jalan kaki ke atas terlebih dahulu jika ingin menikmati pemandangan bentang alam Mangunan yang indah di sisi timur-selatan Yogyakarta ini.

Jika kamu sedang malas nyetir atau naik motor karena bakalan bikin pegel seluruh tubuh, Kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di Jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata Watu Goyang Jogja di Kawasan bentangan karst Mangunan ini tidak akan membuatmu kecewa, apalagi jika kamu bersamanya.

Informasi pendukung di Watu Goyang Mangunan Jogja

Jenis Lokasi Perbukitan
Wahana Trekking, Gazebo, Gardu Pandang
Fasilitas Toilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
Penginapan Ada
Tarif Masuk 10-15K
Tarif Photo 5-10K
Area Parkir Luas
Tarif Parkir 5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam buka 06.00-18.00 fleksibel
Jarak Tempuh +/- 2 jam
Buat Balita Fair


Peta Lokasi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar