Puncak Suralaya Jogja

Suroloyo
Kemegahan Puncak Suralaya Berselimut Kabut. Foto Ig : @rimayatus

Keindahan Lansdcape Menoreh di Puncak Suralaya

 Bepergian atau berwisata tak selalu mencari tempat untuk berenang atau ber swa-foto saja. Destinasi wisata yang satu ini perlu kamu kunjungi untuk menjajal kemampuan fisikmu. Puncak Suralaya adalah sebuah bukit di daerah Samigaluh Kulonprogo yang dulu nya merupakan tempat pertapaan Sultan Agung Hanyokrokusumo. Daerahnya berada di kawasan Perbukitan Menoreh. Puncak Suralaya merupakan wisata sederhana namun penuh nuansa sejarah Kerajaan Mataram pada awal-awal pendiriannya. 


Untuk menuju Puncak Suralaya, anda harus melewati jalan yang cukup sempit dan berkelok-kelok, Sesampainya di perbukitan Suroloyo, anda harus menaiki 286 anak tangga dengan tingkat kemiringan yang cukup terjal. Butuh energi dan effort yang kuat untuk mencapai puncaknya. Kalau kamu  mampu jalan-jalan di mall selama berjam-jam dan nggak ngerasa capek, mestinya kamu bisa juga naik ke puncak ini dengan mudah. Ayo coba buktikan, kamu bole bawa air minum jika merasa dahaga.

Suroloyo
Tangga Menuju Puncak Suralaya. Foto Ig : @abdaji40
Ketika sampai di puncak Suralaya maka akan menyaksikan keindahan lansdcape yang luar biasa indah. Empat gunung besar berjajar, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing. Sembari menikmati pemandangan landskap Menoreh yang luar biasa tersebut, bertafakurlah dan ber-hibernasi sebentar, coba rasakan aura mistis yang ada di petilasan tersebut. Hawa yang sejuk dan kabut yang datang akan membuat anda merasa segar dan hidup kembali setelah merasakan lelahnya bertarung di hari hari kerja. Udaranya sangat fresh dan segar, kamu bisa menghirupnya dalam-dalam untuk merasakan kesegaranya walaupun sayangnya kesegaran itu tidak bisa dibawa pulang kembali ke Jogja atau ke kota tempatmu berasal, kecuali kamu berasal dari pegunungan juga.

Suroloyo
Pemandangan Lanskap dari Puncak Suralaya. Foto Ig : @hudadidudedo

Untuk mencapai destinasi wisata Puncak Suralaya, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu sedang malas nyetir karena jauh dan berkelak-kelok jalannya, kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata di jogja, terutama di daerah Menoreh Kulonprogo ini akan membuatmu cerah dan tidak melupakan sejarah.
  • Jenis Lokasi : Perbukitan
  • Wahana : Gardu Pandang, Hiking 
  • Penginapan Terdekat : Tidak Ada
  • Fasilitas : Warung Kopi, Toilet, Pertapaan
  • Tarif Masuk : 50.000-10.000/org
  • Area Parkir : Biasa
  • Jam buka : 06.00-17.00 fleksibel
  • Jarak tempuh : +/- 2 jam
  • Buat balita : tidak cocok
Peta Lokasi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar