Desa Wisata Kasongan Jogja

Kerajinan kasongan
Aneka Kerajinan dari Desa Wisata Kasongan. Foto Ig  : @t4tz

Wisata Kerajinan di Desa Kasongan


Desa Kasongan adalah salah satu tujuan wisata di Yogyakarta yang diminati oleh wisatawan baik lokal maupun manca negara. Desa wisata Kasongan menawarkan barang-barang kerajinan yang terbuat dari gerabah serta dari bahan lainnya dalam bentuk Guci, Pot Bunga, Meja, Kursi, Piring, Teko, Tempat Pensil, Patung, serta  souvenir lainnya yang menarik untuk sekedar dipajang di rumah atau dijadikan oleh-oleh seperti misalnya miniatur alat transportasi atau souvenir pernikahan (kabar baik tentunya buat para jombloers, bisa nyicil milih souvenir duluan.. ye kan?).

Mengunjungi Desa Wisata Kasongan bagi sebagian orang akan terasa membingungkan. Karena apa? Mereka bingung karena begitu banyak pilihan tempat yang menyajikan beragam cinderamata. Hampir dari mulai masuk sampai ke tengah desa, semua berjajar cinderamata, souvenir, kerajinan dan produk-produk yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Letak Desa Wisata kasongan tak jauh dari kota Jogja, dengan akses jalan yang lebar dan mudah dijangkau oleh wisatawan. Tepatnya pada arah menuju kota Bantul. Disana banyak berdiri galeri-galeri kerajinan baik untuk pasar lokal maupun internasional. Bahkan ketika anda sedang berbelanja, mungkin anda akan menemui truk kontainer yang sedang loading untuk mengirim barang export ke luar negeri. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses pembuatan kerajinan gerabah tersebut, Anda bisa melihat proses pembuatan gerabah langsung di beberapa rumah produksi kerajinan. Coba lah sekali-kali belajar membuat gerabah di kasongan lalu praktekan bersama pasangan di rumah, tirulah adegan Demi Moore dan Patrick Swayze dalam film Ghost (1990) diiringi lagu Unchained Melody, Aw..aw romantisnyaa...Romantisme Jadul!. 


Berlatih membuat gerabah
Berlatih Membuat Gerabah di Desa Wisata Kasongan. Foto Ig : @pelatihangerabahkasongan

Menurut sebagian orang, membeli patung yang namanya Loro Blonyo, dari Kasongan dipercaya mendatangkan banyak rejeki apabila dipasang di dalam rumah. Bagi yang percaya/tidak percaya silahkan saja, tapi belilah patung loro blonyo itu dan pastikan anda tetap bekerja/berusaha seperti biasa, niscaya rejeki akan datang, tapi bila cuman beli patungnya doang trus nggak kerja... simpulkan sendiri yah. 

Patung Loro Blonyo
Patung Loro Blonyo. Foto Ig  : @slamet_ceramic

Untuk mencapai Desa Wisata Kasongan, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas nyetir karena terlalu dekat, kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata kerajinan di jogja, terutama di Kasongan ini tidak akan membuatmu merana.

  • Jenis Lokasi : Wisata Kerajinan
  • Wahana : Galeri, Produksi Gerabah/keramik 
  • Penginapan Terdekat : Ada
  • Fasilitas : Kafe, Toilet, ATM, Masjid
  • Tarif Masuk : Free
  • Area Parkir :  Luas 
  • Jam Buka :09.00-17.00
  • Jarak tempuh : +/- 30 Menit
  • Buat balita : OK
Peta Lokasi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar