Museum Ullen Sentalu Jogja

Ullen Sentalu

Museum Budaya Dinasti Mataram


Museum Ullen Sentalu, terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman, adalah museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram (Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi bermacam-macam batik (baik gaya Yogyakarta maupun Surakarta).Museum ini juga menampilkan tokoh raja-raja beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya.

Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa: “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. 
Filsafat ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit (blencong). Artinya adalah Cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup manusia. Museum ini didirikan oleh salah seorang bangsawan Yogyakarta yang dikenal sangat dekat dengan keluarga keraton Surakarta dan Yogyakarta.

Ullen Sentalu
Salah satu sudut Musem Ullen Sentalu. Foto insta @buayabuas

 
Di Museum Ullen Sentalu, dapat diketahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna yang mendalam di setiap coraknya. Ada juga berbagai sejarah mengenai budaya Jawa kuno dengan segala aturannya. Bangunan museum yang dibuat dengan artistik, mampu membuat pengunjung seperti terbawa ke masa Jawa kuno yang mengagumkan. Pepohonan dan suasana bukit disekitar Museum juga membuat betah pengunjung.
Saat kamu merasa lelah, kamu bisa memesan kopi di Kafe yang ada di dalam museum. Menikmati kopi di daerah Kaliurang yang berhawa dengan dengan ambiens museum klasik ini akan membuatmu menjadi penikmat budaya yang elegan.

Ullen Sentalu
Suasana di dalam Museum Ullen Sentalu. Foto Insta @mahendra_ve


Untuk mencapai Museum ini, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu sedang malas nyetir mobil karena khawatir kakimu pegal-pegal yang disebabkan kopling, Kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata budaya di jogja di daerah Kaliurang ini tidak akan membuatmu kecewa.

      Informasi pendukung di Museum Ullen Sentalu Jogja

      Jenis Lokasi Museum
      Wahana Museum koleksi
      Fasilitas Toilet, Mushola, Kafe 
      Penginapan Banyak
      Tarif Masuk 30-70K/org
      Area Parkir Luas
      Jam buka 08.30-16.00
      Jarak tempuh +/- 1 jam
      Buat balita Fair
      Peta Lokasi :





      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar