Goa Jomblang Jogja

Goa Jomblang Gunungkidul, Travelisto Tours
Suasana di dalam Goa Jomblang. Foto Instagram oleh @yvonne.teemf

Goa Jomblang Gunungkidul 

 Sinar Surga di dalam Goa Jomblang

Apakah kamu merasa piknikmu begitu membosankan karena obyek wisata yang itu-itu saja? Nggak lah ya? Namanya Piknik itu pasti menyenangkan walaupun datang ke tempat yang sama. Tapi kali ini kamu akan kami ajak ke suatu tempat yang pasti gak akan membuatmu bete. Namanya Goa Jomblang. Tentu bagi kamu yang mau kesini harus persiapan adrenalin yang cukup. Kalau kamu punya mental pas-pasan ya mendingan ke Mall aja atau kolam renang deket rumahmu yang dalemnya 20 cm. 

Goa Jomblang ini merupakan lubang bentukan proses alam yang terjadi jutaan tahun lalu. Letaknya di Pacarejo Semanu Gunungkidul. Kira-kira 50 Km dari pusat kota Jogja. Nah lo, mau kesana aja udah bakalan bikin kamu capek duluan. Tapi jangan salah, capekmu pasti akan hilang ketika sudah sampai disana, Yang bakalan ada adalah ketakjubanmu melihat fenomena alam yang luar biasa indahnya. 

Goa Jomblang Gunungkidul, Travelisto Tours
Kealamian Goa Jomblang. Foto Ig oleh @joliecheville

Berani masuk ke dalam Goa Jomblang?
Mau masuk liat dasar gua? Tunggu dulu, Gua ini dalamnya kira-kira 60-80 Meter. Berani turun? Kalo berani, lanjut. Ketika kamu mau mencoba turun, kamu harus menggunakan metode SRT, (Single Rope Technique). Kalo anak Mapala pasti tahu, tapi jangan khawatir, akan ada orang-orang yang akan mengajarimu, memandumu dan membimbingmu. Bahkan ada kok anak-anak yang turun masuk ke gua. Masak kamu yang hobi ngebut di jalan raya dengan segala aksesoris berbau racing, kalah sama anak kecil?
Goa Jomblang Gunungkidul, Travelisto Tours
Cewek-cewek keren yang punya adrenalin mengexplorasi Goa Jomblang. Foto Ig @mclynemcjorie

Nah, singkat kata, setelah sampai dibawah mau ngapain? Nah ini yang perlu kamu ketahui dan pahami. Setelah sampai dibawah kamu akan takjub. Ya kamu akan takjub dengan apa yang kamu lihat di sekelilingmu. Disini tidak ada sungai underground seperti di Goa Pindul atau Goa Kalisuci, dimana kamu bisa body rafting atau main tubing. Namun yang menjadi highlight di sini bukan itu, tapi momen pada saat sinar matahari masuk menembus lobang dan menerangi area tersebut.

Saat ada sinar matahari masuk melalui lobang yang dinamakan Luweng Grubug, Kamu akan merasa seperti di dalam permainan game Assassin Creek, Odyssey (PS4) saat sinkronisasi atau mendapatkan level-up. Sinar matahari yang masuk adalah momen spektakuler yang sering dijuluki Sinar Surga. Segera abadikan momen langka ini, sebagai portofolio medsosmu, dijamin teman-temanmu akan ngiri. Bidiklah dalam momen-momen yang tepat, pencahayaan yang sesuai dan gaya yang artistik. Dijamin dengan sendirinya "like" akan membanjiri linimasamu.
Goa Jomblang Gunungkidul, Travelisto Tours
Dasar Goa Jomblang yang begitu indah. Foto Instagram oleh @indriamukti

Situasi di dasar Goa Jomblang Jogja

Dan jangan salah, didasar Gua itu terdapat yang namanya hutan dan sungai bawah tanah, lengkap dengan pepohonan yang jarang terdapat di tempat lain, bahkan sampai sekarang masih menjadi bahan penelitian para ilmuwan. Menuruni Gua Jomblang dengan kedalaman hingga bervariasi antara 20-60 meter cukup memberikan pengalaman yang sangat megah (Jalur turunan ada beberapa step). Ada beberapa jalur untuk menuruni Gua, tentu saja jalur yang akan kamu pakai adalah jalur yang paling aman. Kalo jatuh gimana? Jangan khawatir, kamu akan dibekali peralatan safety dan juga dikawal pemandu yang sigap dan berpengalaman.
Goa Jomblang Gunungkidul, Travelisto Tours
Sinar Surga, momen langka yang kan membuatmu bahagia, Foto Ig oleh @dyah_kristy
Untuk mencapai Goa Jomblang yang keren, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu malas naik motor karena takut kalah kenceng sama motor sales obat-obatan, Kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata jogja yang memicu adrenalin di Gunungkidul ini akan membuatmu cerah ceria selama beberapa minggu setelahnya.


Informasi pendukung di Goa Jomblang Jogja

Jenis Lokasi Goa, Hutan Bawah Tanah
Wahana Single Rope Technique, Rappelling
Fasilitas Pemandu Lokal, Asuransi, Kuliner
Penginapan Ada
Tarif Masuk 10-15K
Tarif Adventure SRT +/- 450.000-600.000/pax
Area Parkir Luas
Tarif Parkir 5-10K/mobil.
Jam buka 08.00-14.00
Jarak Tempuh +/- 2 jam
Buat Balita No


Tidak ada komentar:

Posting Komentar