Wisata Gua Kalisuci Jogja


Tubing di Kalisuci. Foto Ig @luhur_budiono46

Wisata Tubing Gua Kalisuci Jogja

Bermain tubing/rafting di sungai bawah tanah dalam gua.

Terus terang kami suka bingung ketika ditanya oleh para wisatawan luar Jogja yang mau mengunjungi destinasi wisata di Jogja yang keren, kekinian, viral dan instagramable. Bingung bukan karena gak ada, tapi pilihannya yang sangat banyak. Ada wisata pantai, wisata perbukitan, wisata sejarah, wisata budaya, wisata anak, dan berbagai jenis wisata lainnya termasuk wisata malam kesukaan para kaum adam. Tapi kali ini akan kami pilihkan satu tempat wisata petualangan yang tidak akan membuatmu kecewa. Kalisuci Tubing namanya, Sebuah tempat wisata yang merupakan warisan alam semesta, yang dikelola dengan baik dan kreatif sehingga dapat membuat obyek wisata ini menjadi pilihan destinasi wisata adventure yang tidak akan kalian lupakan.
Wisata Tubing Gua Kalisuci
Keindahan Gua Kalisuci. Foto Ig : @kalisuci_galery

Kalisuci merupakan sebuah tempat yang unik, disana terdapat sebuah sungai bawah tanah yang muncul ke permukaan melalui Gua. Letaknya di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Gak jauh kok, tenang aja. Disana kamu dapat melakukan dua hal sekaligus yaitu, Tubing dan Rafting.

Apa sih Tubing dan Rafting itu? 

Tubing atau Cave Tubing adalah semacam petualangan menyusuri aliran air (sungai bawah tanah) di dalam Gua menggunakan Ban, karena kedalaman sungainya ada yang dalam dan ada yang dangkal. Kalo cetek semua, gak perlu pake tube kan. Lalu, Body Rafting, yang juga semacam petualangan menyusuri jeram sungai dengan menggunakan ban tapi gak pake perahu. Hampir sama-lah definisinya, intinya kayak gitu, ngga bingung kan? Intinya penjelasan kami gak copy paste dari website lain ajalah. Soal definisi gampanglah, urusan belakangan, Kami hanya ingin jelaskan bahwa yang namanya Cave Tubing dan Body Rafting di Kalisuci itu asik, karena:
Wisata Tubing Gua Kalisuci
Pintu Masuk Kawasan Wisata Kalisuci. Foto Ig @teguhsalatiga

1. Pemandangan Indah di sekitar dan didalam Goa Kalisuci

Pertama yang akan anda lihat saat memasuki Wisata Kalisuci adalah pemandangan alam yang sangat eksotis, Pegunungan Karst yang dibalut pepohonan hijau akan membuat matamu merasa segar, udara yang bersih juga akan membuat nafasmu lebih panjang. Jernihnya air sungai juga akan membuatmu tak merasa risih untuk masuk ke sungai bermain air. Saat penelurusan didalam Gua, Kamu akan disajikan indahnya Stalagtit yang berada diatas langit-langit Gua. Didalam Gua, Kamu juga akan menemukan Gua-gua kecil lainya seperti Gua Suci, Gua Luweng Senglat, Gua Geleng, dan Gua Buri Omah. 
Wisata Tubing Gua Kalisuci
Asyiknya bermain Tubing di Kalisuci. Foto Ig @aminrahmadi

2. Petualangan Tubing/Rafting yang menyenangkan.

Jika kamu sering main ban (tubing) di Waterpark, terasa menyenangkan bukan? Namun bila dibandingkan dengan bermain ban di Kalisuci, akan terasa jauh lebih exciting. Karena kamu akan berpetualang mengikuti arus deras air sungai, menyusuri goa, lalu terhempas jeram dan batu-batuan di sekitarmu, terlebih lagi jika itu dilakukan bebarengan dengan teman-teman atau keluargamu. Sungguh petualangan ini akan menjadikan pengalaman yang menyenangkan dalam hidupmu. Kombinasi keduanya tidak bisa diingkari merupakan perpaduan yang istimewa persembahan alam Kalisuci. 

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat kamu ingin berpetualang di Kalisuci Tubing, misalnya Kamu harus sehat walafiat dan sedang tidak terserang penyakit, lalu Kamu harus kuat menaiki dan menuruni anak tangga yang lumayan curam, Kamu juga harus siapkan segala sesuatunya seperti baju ganti, minyak angin, tolak angin, kosmetika, dan lain-lain. Kamu juga harus perhatikan musim saat ingin menuju kesana, karena saat musim hujan tiba, tempat wisata ini bisa ditutup apabila membahayakan para wisatawan. Dikala musim penghujan, air sungai bawah tanah tersebut dapat meluap dan menutupi Gua.

Untuk kelengkapan dan keamanan saat bermain Tubing di Kalisuci, Pihak pengelola sudah menyiapkan segalanya dari mulai Ban, Pelampung, Helm, Pelindung Siku, Sendal Gunung dan Informasi mengenai Sejarah dan seluk beluk Kalisuci. Kamu tinggal dateng, sewa, trus byur, berpetualang masuk Gua.
Wisata Tubing Gua Kalisuci
Berani terhempas Jeram di Kalisuci? Foto ig @kalisucicavetubing

Untuk mencapai Wisata Kalisuci Jogja, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu malas naik sepeda karena takut kemaleman pulangnya, Kamu bisa cari sewa mobil di Jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata adventure di Semanu Gunungkidul ini akan membuatmu basah kuyup dan bersemangat dalam melanjutkan hidup.

Informasi pendukung di Goa Kalisuci Jogja

Jenis Lokasi Gua, Sungai Bawah tanah
Wahana Cave Tubing, Rafting
Fasilitas Toilet, Mushola, Pemandu Lokal, Asuransi, Kuliner
Penginapan Terdekat Ada
Tarif Masuk 5-10K
Tarif Cave Tubing/Rafting Tenda 65.000-75.000/org Min 5 Orang (termasuk makan dan asuransi)
Area Parkir Luas
Tarif Parkir 5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam buka 08.00-16.00
Jarak Tempuh +/- 2 jam
Buat Balita No
Peta Lokasi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar