Pantai Kukup Jogja


Pantai Kukup
Pantai Kukup Saat Surut. Foto Ig : @trikimohamed86

Pantai Kukup Jogja

Pantai Kukup yang mirip Tanah Lot


Di Bali ada Tanah Lot, di Yogyakarta ada Pantai Kukup. Keduanya sama-sama memiliki spot unik berupa bangunan di atas batu karang yang terpisah dari daratan. Bedanya, di Tanah Lot bangunannya berupa pura berada di atas sebongkah batu raksasa, di Pantai Kukup bangunan tersebut berupa Gardu Pandang. Gardu pandang ini menjadi tempat favorit. Kamu dapat mencapainya dengan jalan setapak dan jembatan. Berhentilah sejenak di tengah jembatan dan lihat ke bawah. Pandanganmu akan menembus perairan dangkal nan jernih.


Sekedar duduk di tepian sembari menatap ombak berdatangan menghempas karang agaknya tidak cukup untuk mengekspresikan untuk apa kamu tiba disini. Kamu bisa bermain air, basah-basahan, sebab bibir pantai tidak langsung berbatasan dengan laut lepas. Ada perairan dangkal yang cukup luas. Tinggi air hanya semata kaki ketika laut sedang surut. Kamu bisa berlagak layaknya seorang peneliti yang sedang meng-observasi ganggang atau tumbuhan laut yang hidup di atas karang. Tapi jangan lupa untuk memakai sandal, supaya kakimu tidak sakit ketika menginjak karang.

Ketika kamu memutuskan untuk basah-basahan ya cukup dipinggir pantai saja, jangan terlalu jauh, karena, struktur landasan pantainya bukan pasir melainkan batu karang. Jadi buat kamu yang belom terbiasa main di pantai Kukup atau pantai-pantai di pesisir Jogja lainnya, Kamu harus adaptasi. Berbeda dengan kontur pantai utara yang landai dan tak ada karang. Aman saja kjika kamu bermain sampai ke tengah.

Pantai Kukup
Sejumlah wisatawan menikmati Pantai Kukup. Foto Ig : @marliekejanssen

Di sisi barat, ada sejumlah tempat duduk dan gazebo. Tidak perlu khawatir bila perut keroncongan. Penjaja kuliner seafood berjejer di satu-satunya jalan masuk dan keluar. Seafood yang dijajakan di situ merupakan hasil tangkapan nelayan lokal. Ayo makan ikan! biar sehat dan pinter. Ketika sore tiba, Kamu bisa menikmati sunset bersamaan dengan air surut. Carilah momen yang tepat untuk mengabadikan sunset itu.

Pantai Kukup
Sunset di Pantai Kukup. Foto Ig : @mojez_tigabelas
Bermalam di Pantai Kukup Jogja juga pilihan yang tepat. Menikmati angin laut sembari menatap bintang di langit adalah aktivitas yang tidak mungkin didapatkan di kota. Selain itu, disana cukup tersedia beberapa penginapan. Lokasinya berada di Desa Kemadang, Kec Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk sampai ke Pantai Kukup, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas naik motor kesana karena bakalan capek dan pulang-pulang masuk angin, mendingan kamu cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata pantai di jogja, terutama di gunungkidul ini tidak akan membuatmu capek, malah seneng pake banget.

Informasi pendukung di Pantai Kukup Jogja

Jenis Lokasi Pantai
Wahana Pasir Putih, Gardu Pandang
Fasilitas Toilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
Penginapan Ada
Tarif Masuk 10-15K
Tarif Sewa Tenda -
Area Parkir Luas
Tarif Parkir 2-5K
Jam buka Hampir 24 Jam
Jarak Tempuh +/- 2 jam
Buat Balita No

Peta Lokasi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar