Kraton Yogyakarta Hadiningrat

Kraton Yogya
Salah Satu Sudut Kraton Yogya. Foto Ig : @burhanudinsn

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Kemana Anda pergi ketika pertama kali datang ke Yogyakarta? Ke Candi Prambanan? Ke Pantai Parangtritis? Atau Goa Pindul? Atau Pantai Nglambor? Tunggu dulu. Kalau Kamu datang dari jauh dan suka dengan hal-hal yang berbau kebudayaan dan sejarah, tempat pertama yang perlu didatangi adalah Kraton Jogja. Tidak ada Jogja tanpa kraton. Ungkapan itu barangkali sepintas terdengar seperti hiperbola. Tapi inilah pusat kota Yogyakarta sekaligus pusat Kebudayaan Jawa selama hampir beberapa abad.

Tepatnya di titik yang dikenal sebagai titik nol kilometer oleh warga Jogja. Tempat di mana orang berbagai penjuru Indonesia hingga mancanegara berkumpul menikmati suasana ramah dan damai khas Yogyakarta. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat terbuka untuk umum dari jam 09.00 hingga pukul 14.00. Khusus hari Jumat sampai jam 11.00

Mengunjungi Kraton Jogja ngapain?

Ada alasan lain mengapa Kraton Yogyakarta Hadiningrat adalah tempat pertama yang wajib dikunjungi. Di Kraton, Anda bisa mengagumi kemegahan kraton yang telah berdiri sejak 3 abad yang lalu. Pengunjung diperbolehkan melihat benda-benda koleksi milik raja serta keluarganya, mengamati kehidupan abdi dalem, hingga menyaksikan pertunjukan seni dan upacara kraton. Benda-benda bersejarah dan bangunan-bangunannya yang masih tersisa disana, mencerminkan kehebatan dan keagungan budaya nusantara pada masa itu, hingga sekarang.

Kraton Yogya
Salah Satu Bangunan Kraton Yogyakarta. Foto Ig : @kratonjogja
Di luar kraton, di sisi utara dan selatan, terdapat dua lapangan besar yang menjadi tempat nongkrong warga Jogja segala umur. Di sisi utara dikenal dengan nama Alun-alun Utara dan sisi selatan disebut Alun-alun Kidul. Kamu bisa bersantai di sini sembari menikmati sejumlah kuliner yang dijajakan oleh pedagang di sekitar alun-alun. Biasanya sih suka pada pesen jagung bakar atau roti bakar, atau menikmati wedang ronde.Kalau semisal mengajak anak-anak, mereka bisa bermain di alun-alun dengan naik becak hias atau meniup gelembung sabun.

Kraton Jogja juga tempat yang bagus untuk setting foto pre wedding dengan nuansa klasik. Didalam banyak spot-spot klasik yang bisa kamu explore sebagai background. Tetapi tidak semua spot atau ruangan yang ada boleh kamu masuki. Tentu ada ruangan yang hanya boleh dilihat dari kejauhan. Karena memang ada hal-hal yang tidak bisa semua orang memegang atau melihatnya dari dekat.

Kraton Jogja

Selain berkunjung Kraton, sejumlah spot wisata lain dapat dicapai hanya dengan berjalan kaki sebentar, seperti Museum Kereta Karaton, Taman Sari Water Castle, Benteng Vredeburg, Malioboro, Pasar Beringharjo, Taman Pintar, dan Masjid Gedhe Kauman.

Untuk mencapai Kraton Yogyakarta, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil juga tansportasi umum, seperti shuttlebus, taksi online, becak atau bentor. Jika malas naik bentor karena takut kalo belok membahayakan, kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata di Kraton Yogyakarta ini tidak akan membuatmu kecewa.


Informasi pendukung di Kraton Jogja

Jenis Lokasi Istana Raja
Wahana Keraton
Fasilitas Toilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
Penginapan Hotel, Homestay
Tarif Masuk 5-25K
Tarif Sewa Tenda 6-20K
Area Parkir Luas, Bisa di Alun-alun, Lap Parkir Ngabean, Atau Taman Sari
Tarif Parkir 5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam buka 09.00-14.00, hari jumat 09.00-11.00
Jarak Tempuh +/- 10 menit
Buat Balita Fair

Peta Lokasi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar