Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

  Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Air Terjun yang mengalir tak kenal musim di Sri Gethuk


Ia disebut-sebut mirip dengan sebuah tempat wisata populer di Amerika Serikat, Grand Canyon. Sama-sama berupa perpaduan antara tebing-tebing yang dibelah oleh sungai. Ia semakin memukau dengan keberadaan air terjun yang mengalir tak kenal musim. Mengalir melewati bebatuan cadas dan perbukitan karst menuju Sungai Oya yang tenang. Bedanya, disana kering kerontang dan jauh dari Indonesia, sedangkan Sri Gethuk dekat, cuman Jogja lantai II.

Kok aneh namanya, Sri Gethuk? Ada hubungannya sama Gethuk?

Namanya Air Terjun Sri Gethuk. Terambil dari nama perangkat gamelan berupa kethuk. Dulu masyarakat setempat percaya, Jin bernama Anggo Meduro menyimpan kethuk miliknya di lokasi air terjun ini. Lalu bagaimana bisa jadi sri gethuk? udahlah gosah dipikirin ya. Yang jelas kamu kalo kesana akan mendapatkan ganjaran yang setimpal dari jauhnya perjalanan yang kamu lakuin.

Di Sri Gethuk, Suara gemuruh air yang pecah ketika menyentuh bebatuan menjadi satu-satunya kebisingan, yang justru menimbulkan ketenangan. Anda bisa sekedar duduk atau menapaki bebatuan, menghirup udara segar, memanjakan mata dengan pemandangan hijau nan teduh, ditemani suara musik dari alam.


Air Terjun Sri Gethuk
Perjalanan Menuju Air Terjun Sri Gethuk. Foto Ig : @jurnaljarmo

Bisa ngapain aja di Air Terjun Sri Gethuk?

Kamu akan ditawari menaiki perahu, Lalu kamu akan dibawa melintasi  aliran sungai tersebut menuju ke air terjun. Saat musim kering, air sedikit surut dan berwarna agak kehijauan. Tatkala musim penghujan air sedikit bertambah dan warnanya agak kecoklatan. Tapi gak papa sih, air sungai disini bersih, nggak kayak di kota yang penuh sampah.

Ketika sampai di air terjun, kamu bisa turun dari perahu untuk melakukan berbagai aktifitas di Sri gethuk, tetapi kami yakin, pasti kamu akan cari spot yang kamu anggap instagrammabel, lalu kemudian take action, jepret-jepret, upload....eh.. failed, ga ada sinyal.

Rasakan pula kesegaran air khas perbukitan dengan nyemplung ke kali. Kamu bisa berbasah-basah di dekat air terjun atau mandi di sungai tersebut. Apabila ber-ramai-ramai, sungguh menyenangkan sekali bermain tubing bergandeng-gandengan. Jadi kamu bisa gandengan disini nggak cuman saat pacaran di Mall.

Air Terjun Sri Gethuk
Akhirnya Nyemplung Juga di Sri Gethuk. Foto Ig : @hendra.mo

Kalo ngga brani naik perahu di Sri gethuk, Trus gimana?

Ya, Air Terjun Sri Gethuk memang terhubung langsung dengan Sungai Oya. Melalui sungai ini pula-lah Anda bisa mencapai Sungai Oya dengan menggunakan rakit. Bagi yang merasa opsi ini terlalu ekstrim, Anda bisa trekking melalui jalur setapak. Manapun pilihannya, kedua-nya sama-sama menawarkan pemandangan yang membuat Anda berdecak kagum.

Air Terjun Sri Gethuk Berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kec Playen, Gunungkidul. Untuk mencapai Pantai Srigethuk, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas naik nyetir mobil jalannya naik turun, Kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata susur sungai di daerah timur Jogja, ini akan membuatmu basah namun hatimu akan menjadi cerah.

Informasi pendukung di Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Jenis Lokasi Sungai, Air Terjun
Wahana Tubing, Naik Perahu Susur Sungai
Fasilitas Toilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
Penginapan Ada
Tarif Masuk 3-5K
Tarif Sewa Perahu 10-20K
Tarif Sewa Ban 2-5K
Area Parkir 5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam buka 08.00-16.00
Jarak Tempuh +/- 2 jam
Buat Balita No

Peta Lokasi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar